PASTIKAN ANDA TERGABUNG DALAM YOGA RUTIN YANG DISELENGGARAKAN OLEH UKM YOGA SETIAP HARI MINGGU DI KAMPUS STAHN GPM JAM 07.00 SUDAH MULAI.

Kamis, 08 Januari 2015

SEJARAH DAN MITOLOGI YOGA ASANA

YOGA ASANA mungkin sudah tidak asing lagi di telinga pencinta yoga  semua orang sudah mengetahuinya,bahkan mempraktekan geraknnya. Namun taukah anda dengan Sejarah dan mitologo Yoga Asana…???

Sejarah Yoga Asana sebagai pembangunan fisik, mental, dan spiritual berasal dari batas waktu. Sebutannya ditemukan dalam kesusastraan umat manusia terkenal yang paling tua yaitu Veda yang penuh dengan kebijaksanan spiritual, yang disusun oleh para rsi dan guru terkenal dimasa itu.dipercaya oleh beberapa orang  bahwa pengetahuan yoga bahkan jauh lebih tua daripada Veda tersebut. Dalam penggalian kepurbakalaan  yang dilakukan di Harappa dan Mohanjodaro yang sekarang disebut Pakistan, banyak patung telah ditemukan yang melukiskan Dewa Siva dan Parvati (permaisurinya) sedang melakukan Yoga Asana yang berbeda. Puing-puing ini  pernah menjadi tempat kediaman bagi orang-orang yang hidup pada masa pra Veda, bahkan sebelum peradaban bangsa Arya yang berkembang dengan baik pada bagian benua Indus.
Menurut adat istiadat dan berbagai kitab suci, Dewa Siva adalah pendiri dari yoga, termasuk asana. Beliau menciptakan semua asana dan mengajarkannya pada muridnya yang pertama, yaitu Parvati. Dikatakan semula ada 8.400.000 Asana, yang menunjukan 8.400.000 inkarnasi dimana setiap orang harus melewatinya sebelum mencapai pembebasan dari siklus kelahiran dan kematian. Dipercaya bahwa dengan melakukan semua itu seseorang dapat melintasi semua kehidupan ini dalam satu kehidupan dan menyongsong kemajuan yang menentukan dari satu kehidupan ke kehidupan berikutnya. Sepanjang abad asana ini telah diubah dan dikurangi jumlahnya oleh para rsi sehingga sekarang tidak lebih dari beberapa ratus yang diketahui. Dari jumlah ini hanya delapa puluh empat yang di bicarakan secara terperinci, dan hanya tiga puluh atau lebih yang diingat karna berguna bagi orang modern.
Menurut sejarah yang pertama dicatat sebagai penerang yoga asana adalah yogi yang terkenal bernama Gorakhnath. Para Yogi dimasanya cendrung tinggal jauh dari masyarakat di pegunungan dan di dalam hutan belantara, dimana mereka hidup pengasingan dn hidup sederhana, mendapat semua penunjang dari alam. Semua binatang adalah guru yang baik bagi para yogi ini, karena mereka mengalami kehidupan alamiah yang bebas dari penyakit dan berbagai persoalan duniawi. Banyak teknik-teknik yoga dikembangkan dengan mempelajari makhluk-makhluk huta. Sehingga banyak kita jumpai gerakan-gerakan yang meniru tingkah laku binatang. Sangat menakjubkanyoga merupakan system alamiah dan manjur untuk menyembuhkan penyakit. Sekarang di jaman modern ini yoga mulai menyebar di seluruh dunia pengetahuannya cepat menjadi milik orang. Banyak dokter dan ilmuan menganjurkan latihan yoga tersebut. Orang-orang terkenal menyadari bahwa yoga bukan hanya untuk Rsi dan pertapa yang telah meninggalkan hidup duniawi dan memasuki hidu pengasingan; Yoga adalah untuk semua orang.
“Wastramambhastilan bhumim gadho wasayate yatha,
Puspanamadhiwasena tatha samsargaja gunah”. (Sarasamuccaya Sloka 300)
  
Artinya;
Bergaulah pada sibijak setidak-tidaknya kaupun ikut bijaksana..

Bagai pembuat minyak wangi, akan berbau wangi, karena harumnya bunga meresap pada kain,air,minyak bahkan tanah karena bersentuhan dengan bunga!

Sumber: Sarasvati, Svami Satyaananda. 2002. Asana, Pranayama, Mudra dan Bhanda. Surabaya: Paramita

By: Ngurah Loka 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yang Paling Sering dikunjungi