PASTIKAN ANDA TERGABUNG DALAM YOGA RUTIN YANG DISELENGGARAKAN OLEH UKM YOGA SETIAP HARI MINGGU DI KAMPUS STAHN GPM JAM 07.00 SUDAH MULAI.

Sabtu, 01 Maret 2014

TIPS MENGENDALIKAN MOHA DALAM SADRIPU

Rasa bingung, putus asa, resah atau takut merupakan reaksi batin terhadap apa yg di sebut oleh pikiran  sebagai bahaya hidup ataupun juga ketidakpastian.
Dalam ajaran dharma, munculnya perasaan gelisah, bingung, bosan, putus asa, resah atau takut, itu tanda-tanda di dalam batin kita masih banyak noda. Sehingga kita harus membersihkannya.
Cara mengatasi moha:
1.Dayadvham dan datta : welas asih dan kebaikan
Salah satu dasar penyebab moha adalah karena sikap mementingkan diri sendiri,baik yang di sadari ataupun tidak kita sadari.sehingga mengembangkan sifat penuh welas asih dan kebaikan adalah sarana untuk melenyapkan moha
2.Manacika : berfikir positif
Pada umumnya, dasar kedua penyebab moha adalah karena sikap suka membandingkan dan menilainsegala sesuatu dengan untung-rugi. Sehingga apapun yang kita lakukan dan apapun yang terjadi dalam hidup ini jangan lupa untuk berfikir positif. Karena semua perasaan yang kita rasakan berawal dari pikiran. Ketika kita terbiasa berfikir positif pada setiap kejadian yang kita alami begitupun bathin kita akan menjadi bersih dengan sendirinya.
3.Santhosa: belajar menerima hidup sebagaimana adanya dengan hati damai dan tenang
Hidup ini adalah karma yang berputar, dalam putaran hukum karma, tidak ada suatu akibat yang akan timbul tanpa adanya sebab yang nyata. Kita mendaoatkan yang baik karena karma masa lalu dan karma saat ini kita juga baik.
Dalam putaran karma, hidup ini adalah perubahan. Tapi terkadang kita sulit untuk menerimanya. Sukses atau gagal, bahagia atau sedih, bukan lah suatu hal yang akan menghentikan roda kehidupan untuk berputar. Hadapi setiap permasalahan. Berhentilah menghujat diri kita ketika kita gagal atau melakukan kesalahan. Terima segala kekurangan diri kita dengan riang dan memiliki kemauan untuk tetap belajar dan berusaha dengan hati yang damai dan tenang.
4.Svadharma : laksanakan tugas-tugas kehidupan kita
Kerja adalah salah satu sarana yang baik untuk memahami sang diri dan kehidupan. Seperti yang kita ketahui bahwa hidup ini harus melaksanakan kerja jadi kejakanlah kerja atau svadharma dengan sebaik-baiknya.
5.Yoga: banyak-banyak meditasi, sembahyang dan melukat
Aktifitas dharma seperti meditasi, sembahyang dan melukat adalah sebuah kekuatan penyembuhan bathin bagi diri kita. Ini bisa menjadi aktifitas pendukung yang efektif bagi kita untuk melenyapkan moha.
By : Wayan Sri

Read more : Rumah Dharma

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yang Paling Sering dikunjungi