PASTIKAN ANDA TERGABUNG DALAM YOGA RUTIN YANG DISELENGGARAKAN OLEH UKM YOGA SETIAP HARI MINGGU DI KAMPUS STAHN GPM JAM 07.00 SUDAH MULAI.

Rabu, 07 Mei 2014

Riwayat Hidup Maharsi Patanjali

Y
oga merupakan sebuah istilah yang tidak asing lagi untuk kita. Secara para pembaca ini pecinta yoga, tetapi disamping semua itu,for Health”, edisi 1, Februari 2008.
kita harus tahu siapa Pendiri Yoga, yang tidak lain adalah Maharsi Patanjali. Oleh karena itu pada kesempatan ini artikel Riwayat Hidup Maharsi Patanjali siap tersaji yang saya kutip dari majalah “ Yoga
            Pendiri Yoga dan penulis sutra Patanjali dipercaya pernah hidup dan bertapa di dekat gunung Himalaya ribuan tahun yang lalu. Paling tidak, bisa ditentukan waktu hidup sebelum Gautama Budha lahir. Akan tetapi kita tidak memiliki bukti otentik apapun selain buku karyanya yang terkenal, yaitu Yoga Sutra. Ini yang menjadikan riwayat hidup beliau masih simpang siur. Ada legenda yang menyebutkan bahwa beliau pernah hidup di Meru Mountain. Ibunya Gonika, sedangkan ayahnya bernama Angiras. Tetapi, semua ini masih perlu diteliti secara dalam.
            Yoga sutra ditulis dalam bahasa Sansekerta memberikan gambaran tentang pemikiran Patanjali bahwa beliau adalah seorang yang pernah bertapa puluhan tahun, kemudian mendapatkan berbagai kesaktian. Hebatnya, beliau tidak terjerumus dalam pencapaiannya, sehingga akhirnya beliaupun mencapai kesempurnaan.
            Patanjali bukan hanya menulis Yoga Sutra, tetapi beliau juga menulis buku tentang tata bahasa bernama Mahabhasya. Itu berarti beliau sangat peduli tentang perkembangan bahasa Sansekerta dengan tujuan agar muri-muridnya tidak salah paham tentang sutra-sutra yang beliau tulis dalam Yoga Sutra. Beliau membagi Yoga Sutra dalam empat bagian yaitu intisari Yoga (Samadhi Yoga), persiapan Yoga (Sadhana Yoga), hasil Yoga (Vibhuti Yoga), dan kesempurnaan Yoga (Kaivalya Yoga). Melalui sutra-sutra, Patanjali terlihat ingin agar manusia tidak begitu menghabiskan waktu untuk membahas tentang agama, budaya, atau pun suatu konsep tertentu, melainkan bila telah mengetahui diri sendiri, maka manusia tidak akan bertengkar atas nama agama, budaya, dan ras. Dengan demikian, apabila manusia tidak mengenal diri sendiri, maka sulit baginya untuk mendapatkan kedamaian.
            Beberapa diantara Yogi dan sarjana yang pernah memberikan komentar tentang Yoga Sutra adalah Yoga Bhasya oleh Maharsi Vyasa, Yoga Varttika oleh Vijana Bhiksu, dan Tattwa Varsadi oleh Vacaspati Misra.
            Demikianlah sang Maharsi yang pernah lahir ke bumi ini namanya akan menjadi kekal karena memperkenalkan Yoga untuk semua umat manusia. Patanjali menjadi orang pertama, dan mungkin yang terakhir, yang akan selalu diingat oleh semua pecinta Yoga. Hampir semua cabang Yoga yang berkembang di seluruh dunia menerima Maharsi Patanjali sebagai pendiri Yoga dan menerima beliau sebagai guru sejati Yoga.

Dharma Yoga!!!!

Satya

1 komentar:

Yang Paling Sering dikunjungi