PASTIKAN ANDA TERGABUNG DALAM YOGA RUTIN YANG DISELENGGARAKAN OLEH UKM YOGA SETIAP HARI MINGGU DI KAMPUS STAHN GPM JAM 07.00 SUDAH MULAI.

Sabtu, 13 Desember 2014

SEKILAS TENTANG “BIKRAM YOGA”

Bikram Yoga dikembangkan sejak lebih dari tiga puluh tahun yang lalu oleh Bikram Choudury. Bikram adalah guru yoga dari India yang memiliki reputasi internasional. Dia membawa ajaran yoganya ke Amerika Serikat pada tahun 1971, atas undangan dari Asosiasi Dokter Amerika. Di bawah bimbingan gurunya, Bikram bekerjasama selama tiga tahun dengan dokter dan peneliti di Universitas Rumah Sakit Tokyo dan menciptakan jenis hatha yoga yang unik ini. Bikram Yoga secara ilmiah dirancang untuk melatih setiap bagian dari tubuh melalui 26 rangkaian postur selama 90 menit. Bikram Yoga dirancang untuk pemula, tapi tetap menantang bagi orang yang sudah lebih mahir.
“Tidak ada istilah terlalu parah
Tidak ada istilah terlalu tua
Tidak ada istilah terlalu sakit
Untuk mulai kembali dari nol” – Bikram Choudury
Bikram Yoga di dalam ruangan yang diberi cermin yang dipanaskan antara 38-42o C (suhu tubuh). Panas tersebut memungkinkan praktisi untuk dapat melakukan postur secara lebih mendalam, sehingga bisa lebih cepat mendapatkan manfaat dari yoga. Panas akan meminimalisir otot terkilir, sehingga mengurangi resiko cidera. Panas juga mendorong tubuh melakukan pembersihan dan detoksifikasi, selain juga membentuk stamina dan ketangguhan. Cermin yang ditempatkan di ruangan akan membantu praktisi memiliki kesadaran lebih terhadap tubuhnya, sehingga praktisi bisa memperbaiki dan memperdalam posturnya. Setiap postur bekerja secara bersinergi untuk mengembalikan tingkat keseimbangan tubuh. Yoga membantu praktisi untuk menciptakan energi dan kelenturan. Postur-postur Bikram Yoga memiliki efek tourniquet, yang secara efektif menekan, memijat, dan merengangkan organ internal, sehingga melancarkan sistem kardiovaskular. Tubuh yang terpelihara adalah tubuh yang mampu mengatur dan menyelaraskan dengan sendirinya. Seiring waktu, otot kita cenderung akan menjadi kaku, sehingga akan memperberat persendian. Melakukan peregangan rutin  akan membantu meringankan kaku otot dan lemah sendi. Karena itulah mengapa yoga disebut memiliki efek yang meremajakan.
Berikut adalah persyaratan untuk melakukan Bikram Yoga:
1.      Berusaha untuk latihan Bikram yoga setidaknya 3x seminggu, atau 10 x tiap bulan. Apabila anda latihan dengan intensitas kurang dari ini, anda tidak akan mendapatkan hasil yang baik pada penurunan berat badan.  Dari studi yang ada, praktisi Bikram yoga yang melakukan 5-6 sesi tiap minggunya, akan mendapatkan hasil yang sangat optimal.
2.      Anda harus benar-benar memaksimalkan pose yoga yang diajarkan oleh instruktur. Coba untuk menahan suatu pose dengan jangka waktu yang ditetapkan dan dianjurkan.  Untuk satu sesi Bikram Yoga, anda akan membakar sekitar 500-1000 kalori. Tetapi tentunya hal ini adalah suatu indikasi.  Berapa kalori yang anda bakar akan sangat tergantung dengan  pose yang dilakukan. Makin lemah pose yang dilakukan, maka makin sedikit kalori yang dibakar.
3.      Makanlah 4 jam sebelum sesi yoga dilakukan. Hal ini akan memberikan makanan untuk mengendap di lambung anda tetapi tidak membuat anda kelaparan.
4.      Minumlah yang cukup banyak sebelum latihan Bikram yoga dan setelahnya.
Tanpa melakukan hal diatas, praktisi tidak akan mendapatkan keuntungan maksimal pada latihan Bikram yoga.

Posted By: I Wayan Rudiarta
Sumber:

Dengan editing seperlunya J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yang Paling Sering dikunjungi