PASTIKAN ANDA TERGABUNG DALAM YOGA RUTIN YANG DISELENGGARAKAN OLEH UKM YOGA SETIAP HARI MINGGU DI KAMPUS STAHN GPM JAM 07.00 SUDAH MULAI.

Sabtu, 10 Mei 2014

UNIT KEGIATAN MAHASISWA SEBAGAI WAHANA MENCARI JATI DIRI

               

By: Gus Yoga Pramana

               Unit Kegiatan Mahasiswa (disingkat UKM) adalah wadah aktivitas kemahasiswaan untuk mengembangkan minat, bakat dan keahlian tertentu bagi para anggota-anggotanya. lembaga ini merupakan partner organisasi kemahasiswaan intra kampus lainnya seperti senat mahasiswa dan badan eksekutif mahasiswa, baik yang berada di tingkat program studi, jurusan, maupun universitas. Lembaga ini bersifat Otonom, dan bukan merupakan sob-ordinat dari badan eksekutif maupun senat mahasiswa. (Sumber : Wikipedia Indonesia)
            Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Gde Pudja Mataram  merupakan Sekolah Tinggi Agama Hindu yang berada di daerah kota Mataram, dengan mahasiswa yang heterogen, artinya  memiliki perbedaan latar belakang, minat dan bakat. Sehingga dalam penyaluran minat dan bakat tersebut terdapat wadah berupa Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) baik yang bersifat akademik maupun non akademik diantaranya UKM Yoga, UKM Tari, UKM Tabuh, UKM Mejaitan, UKM Dharmagita, MENWA, dan lain sebagainya.
            Unit Kegiatan Mahasiswa tersebut diatas memiliki ciri khas masing-masing, sehingga mahasiswa dapat memilih sesuai dengan minat dan kepribadiannya. Tetapi kenyataan yang terjadi dewasa ini terkadang mahasiswa kurang tertarik untuk mengikuti atau mau ikut bergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa tersebut bahkan tidak jarang di temukan banyak mahasiswa yang sama sekali tidak mengikuti salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa. Padahal Unit Kegiatan Mahasiswa merupakan wadah bagi mahasiswa untuk mencari pengalaman, teman/pacar, ilmu bahkan jati dirinya. Sehingga pada saat di masyarakat nanti penerapan ilmu yang di dapatkan pada saat di bangku perkuliahan dapat di terapkan di masyarakat.
            Dalam penerapannya mahasiswa perlu mendalami bakat yang ia miliki sehingga memunculkan jati dirinya dengan ciri khas mereka masing-masing. Jadi mengikuti Unit Kegiatan Mahasiswa tidak hanya sekedar tahu akan apa yang terdapat di dalamnya tetapi perlu adanya tindakan berupa mendalami apa yang manjadi minat kita sehingga nantinya akan menjadi ciri khas atau jati diri kita sebagai mahasiswa.

So,,, Tunggu apa lagi ayo kita temukan jati diri dan dimana bakat kita sebenarnya dengan mengikuti salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa di STAHN Gde Pudja Mataram.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yang Paling Sering dikunjungi