PASTIKAN ANDA TERGABUNG DALAM YOGA RUTIN YANG DISELENGGARAKAN OLEH UKM YOGA SETIAP HARI MINGGU DI KAMPUS STAHN GPM JAM 07.00 SUDAH MULAI.

Minggu, 17 Agustus 2014

LATIHAN HATHA YOGA JANGAN DI ANGGAP REMEH

Hatha Yoga berfokus pada teknik asana (postur), pranayama (olah nafas), bandha (kuncian), mudra (gesture), serta relaksasi yang mendalam. Berbagai macam gerakan yang disertai cara bernafas yang benar dipercaya dapat meningkatkan kekuatan dan kelenturan, meredakan ketegangan, serta memberikan energi baru pada tubuh.
            
          UKM Yoga di STAHN Gde Pudja Mataram merupakan wahana bagi mahasiswa pecinta Yoga dalam meningkatkan ilmu, minat dan bakat mereka dalam hal Yoga khususnya Hatha Yoga, sehingga dalam penerapannya dimasyarakat terutama pada saat kegiatan Kuliah Kerja Nyata atau KKN banyak mahasiswa yang merupakan anggota UKM Yogamemilih mengajarkan Yoga sebagai Program Kerja mereka. Ini merupakan hal baik, karena Yoga dapat di kenal dan dapat bermanfaat bagi masyarakat. Tetapi yang terjadi di lapangan, terdapat  beberapa oknum mahasiswa yang tidak aktiv dalam UKM Yoga bahkan tidak pernah mengikuti latihan Yoga di STAHN Gde Pudja mengajarkan dan memilih Yoga sebagai Program Kerja Mereka di tempat KKN. Sehingga apa yang terjadi kemudian ? saat terjadi masalah pada saat pelaksanaan program kaerja Yoga tersebut, seperti salah seorang peserta mengalami cidera dan penanaman arti dan maksud Yoga yang salah dan tidak sebenarnya akan memberikan dampak negativ pada citra Yoga itu sendiri di masyarakat, merusak nama Almamater, hingga membuat risih para pecinta Yoga terutama Anggota UKM Yoga di STAHN Gde Pudja yang mendalami Yoga sejak lama. Hal semacam ini sering terjadi karena beberapa oknum mahasiswa yang tidak mempunyai Skill sama sekali dan mencari sesuatu yang mudah Untuk menjadi Program Kerjanya dalam kegiatan KKN dan akhirnya di pilihlah melatih Yoga karena di anggap Yoga hanya sebatas gerak saja.
            Perlu di ketahui bahwa Latihan Hatha Yoga bukan hal yang mudah, jadi tidak cukup hanya mengikuti sekali latihan Yoga dan membaca dari buku saja cukup untuk melatih Yoga Tetapi perlu menjadi praktisi dan mendalami Yoga itu sendiri terlebih dahulu sehingga kita akan mengetahui batas melakukan gerakan, fungsinya, dll. Karena secara pribadi walau ± 3 Tahun mempelajari Hatha Yoga dan menjadi praktisi, saya pribadi masih belajar untuk mengenal lingkungan danlatar belakang peserta yoga. Sehingga gerakan yang di berikan kepada peserta yoga akan sesuai dengan kebutuhan dan kondisi peserta yoga tersebut,jadibanyak hal yang perlu di perhatikan dalam melatih Yoga dan tidak sembarangan melatih gerakan-gerakan Asanas yang akan di berikan kepada peserta yoga nantinya.
So, bagi siapapun yang nantinya ingin melatih yoga khususnya pada saat KKN, sebaiknya mendalami yoga sejak dini, jangan anggap remeh melatih Yoga karena banyak hal yang perlu diperdalami dan diperhatikan sebelum melatih Yoga dan menjadi Instruktur yang baik ^-^.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yang Paling Sering dikunjungi