PASTIKAN ANDA TERGABUNG DALAM YOGA RUTIN YANG DISELENGGARAKAN OLEH UKM YOGA SETIAP HARI MINGGU DI KAMPUS STAHN GPM JAM 07.00 SUDAH MULAI.

Jumat, 21 Februari 2014

Manfaat Yoga Untuk Kesehatan dan Kecantikan


By : Ni Wayan Sri Suka Deni
Yoga berasal dari bahasa sanskerta (योग) yang berarti “penyatuan”, yang bermakna “penyatuan dengan alam” atau “penyatuan dengan Sang Pencipta”. Yoga merupakan salah satu dari enam ajaran dalam filsafat Hindu, yang menitikberatkan pada aktivitas meditasi atau tapa di mana seseorang memusatkan seluruh pikiran untuk mengontrol panca indera dan tubuhnya secara keseluruhan.
Ajaran Yoga dibangun oleh Maharsi Patanjali, dan merupakan ajaran yang sangat populer di kalangan umat Hindu. Ajaran yoga merupakan ilmu yang bersifat praktis dari ajaran Veda. Yoga berakar dari kata Yuj yang berarti berhubungan, yaitu bertemunya roh individu (atman/purusa) dengan roh universal (Paramatman/Mahapurusa). Maharsi Patanjali mengartikan yoga sebagai Citta vritti nirodha yaitu penghentian gerak pikiran.
Dewasa ini banyak orang yang gemar berlatih yoga, khususnya mereka-mereka yang tinggal di kota-kota besar. Salah satu alasan yang mendasari mengapa banyak orang tertarik berlatih yoga adalah karena manfaat berlatih yoga yang ternyata diyakini dapat meningkatkan kesehatan, kebugaran dan kecantikan, khususnya buat wanita. Yoga diyakini juga bermanfaat untuk melepas ketegangan setelah disibukkan oleh rutinitas pekerjaan di kantor.
Banyak orang yang masih berfikir bahwa yoga hanyalah kegiatan berbentuk meditasi semata. Duduk berdiam diri dengan menutup mata dan membayangkan sesuatu atau mungkin mengosongkan pikiran. Yoga sebenarnya tidak melulu hanya sekedar meditasi belaka, tetapi ada juga olah tubuh lainnya semacam gerakan-gerakan senam. Hanya saja berbeda dengan senam atau olahraga biasa, terutama ditilik dari gerakan-gerakan yang dilakukannya.
Dalam yoga dikenal  istilah asana (pose). Ini adalah suatu bentuk pose tubuh yang dilakukan dengan berbagai cara baik dengan berdiri, duduk maupun tidur. Pose ini tidak bisa sembarang dilakukan, namun harus mengikuti pose yang telah dikembangkan oleh nenk moyang Yoga selama 6000 tahun yang lalu. Yoga yang asli (Classic Yoga) mengikuti tuntunan lama tersebut.
Lewat latihan asana akan melatih kelenturan tubuh dan kelenjar serta menyalurkan oksigen ke seluruh bagian tubuh, memperkuat tubuh, dan memberi perasaan sehat (well being). Dari sudut pandang psikologis akan mempertajam daya konsentrasi dan kemantapan berfikir, still mind, kestabilan emosi, dan meningkatkan rasa kepedulian praktisi yoga pada orang lain, serta mengembangkan sikap altruistik.
Jadi begitu banyak manfaat berlatih yoga, khususnya dalam upaya meningkatkan taraf kesehatan dan kebugaran tubuh, tapi tentu saja dibutuhkan modal yang tidak sedikit, minimal ketekunan dan kesabaran dalam berlatih.
Demikian manfaat yoga, selamat mencoba yoga!

http//kesehatans.com/manfaat-yoga-untuk-kesehatan-dan-kecantikan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yang Paling Sering dikunjungi