PASTIKAN ANDA TERGABUNG DALAM YOGA RUTIN YANG DISELENGGARAKAN OLEH UKM YOGA SETIAP HARI MINGGU DI KAMPUS STAHN GPM JAM 07.00 SUDAH MULAI.

Jumat, 11 April 2014

Mau berkonsentrasi….?????

By : Ida Kade Suparta
Hae sobat, saya pengen berbagi experince ne tentang KONSENTRASI,,,,,,,,,,
Secara umum kita ketahui bahwa memusatkan pikiran (berkonsentrasi) saat bersembahyang maupun pra meditasi merupakan hal yang sulit. Sulit kalau kita hanya membayangkannya saja, akan tetapi mudah kalau kita melakukannya. Konsentrasi dalam sembahyang atau pra meditasi berbeda-beda, ada yang konsentrasi pada imajinasi gambar maupun wujud tertentu, ada yang konsentrasi pada cahaya yang terkadang muncul pada saat memejamkan mata, ada pula konsentrasi yang kita sendiri tidak tau apa yang kita konsentrasikan akan tetapi kita merasa nyaman pada saat itu. Jadi temen-temen bisa pilih konsentrasi apa yang diinginkan. Hal yang paling penting untuk cepat berkonsentrasi adalah latihan, kalau temen-temen jarang latihan maka jangan harap temen-temen dengan mudah bisa berkonsentrasi. Latihan rutin merupakan kunci untuk membuka pikiran menuju konsentrasi. Latihan yang bisa dilakukan ialah latihan asana dan pranayama. Latihan asana yang rutin akan membuat tubuh kokoh untuk duduk, kalau tubuh kokoh dan bisa duduk dalam jangka waktu yang lama maka untuk mencapai konsentrasi menjadi lebih mudah karena konsentrasi bagi pemula membutuhkan proses yang lumayan lama. Jangan lupa juga berlatih pranayama karena ini sangat penting untuk menunjang keberhasilan dalam berkonsentrasi, anda bisa berlatih pernafasan sebelum sembahyang atau pra meditasi seperti pernafasan nadi sodhana atau anuloma viloma, bhastrika, dan kapalabhati. Ke tiga pernafasan ini sangat bagus dilakukan untuk mengontrol pikiran, usahakan latihan setiap hari dan jangan pernah bolong…..
Sesudah berlatih ini, mulailah duduk dan lantunkan beberapa mantra sesuai nyamannya anda, setelah itu duduk santai untuk mulai berlatih konsentrasi. Kalau anda ingin berkonsentrasi pada wujud atau gambar maka bayangkan terus wujud atau gambar itu sambil menyebut namanya dalam hati, jika mau konsentrasi pada cahaya maka bayangkan cahaya di depan anda atau bisa menggunakan lilin dengan cara memandang beberapa saat kemudian pejamkan mata maka akan muncul cahaya lilin tersebut di depan anda dan mulailah focus pada cahaya tersebut agar cayaha tersebut tidak bergerak, membias, atau menghilang, jika cahaya itu hilang maka bukalah mata dan pandang lagi dan tutup mata lagi, lakukan berulang-ulang. Namun jika anda mau berkonsentrasi hanya untuk merasakan kenyamanan maka anda hanya perlu duduk hening saja, biarkan pikiran berkelana tetepi jangan diikuti pikiran-pikiran itu seolah-olah pikiran itu hanya kita lihat tetapi kita tidak menganalisis pikiran tersebut, maka lama kelamaan pikiran tersebut seolah-olah menyatu dan anda dapat menemukan titik konsentrasi berupa kenyamanan. Memang berlatih ini tidak bisa hanya satu atau dua hari saja, akan tetapi bila temen-temen mau mengikuti instruksi di atas maka temen-temen bisa melihat perubahannya dalam wakatu sebulan. Perlu diingat harus latihan rutin,,,,,,ok

LEBIH SERING BERLATIH, LEBIH CEPAT BISA, ENJOY SEMUA LATIHAN JANGAN DIJADIKAN BEBAN PIKIRAN…..he

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yang Paling Sering dikunjungi