PASTIKAN ANDA TERGABUNG DALAM YOGA RUTIN YANG DISELENGGARAKAN OLEH UKM YOGA SETIAP HARI MINGGU DI KAMPUS STAHN GPM JAM 07.00 SUDAH MULAI.

Sabtu, 22 Maret 2014

SEKILAS TENTANG YOGA

 Apakah anda tau tentang yoga..??
BY: Wayan Sri Suka Deni
Yoga berarti pengalaman dari ketuhanan dan kesatuan dengan keberadaan batin. Kesatuan ini muncul setelah menghancurkan dualitas pikiran dan masalah kedalam kesadaran tertinggi.  Asana berarti suatu keadaan tubuh dimana kita tetap mantap, tenang, santai, dan nyaman baik secara fisik maupun secara mental.
Yoga Asana dilakukan dengan pelan-pelan dengan relaksasi dan konsentrasi.dengan cara ini , baik sistem eksternal maupun internal akan terpengaruh sehingga susunan syaraf, kelenjar-kelenjar endoktrin, dan organ tubuh bagian dalam dan juga otot-otot didorong untuk berfungsi sebagaimana mestinya. Oleh karena itu asana memiliki pengaruh fisik dan kejiwaan yang berguna dalam menyembuhkan berbagai penyakit. Asana sangat bermanfaat untuk konsentrasi dan meditasi.
Asana terdiri dari banyak tehnik, dimana tujuannya untuk mengendorkan otot, mulai dari kaki, pinggang, tangan dan bahkan mata. Asana sebaiknya dilakukan ketika dalam kondisi perut dan kantung kemih kosong. Jenis asana disesuaikan dengan kondisi seseorang, mulai dari gerakan asana bagi pemula, menengah dan ada jenis untuk tingkat tinggi.
Pranayama dapat diartikan sebagai suatu rangkaian tehnik yang merangsang dan meningkatkan energi yang sangat penting, pada akhirnya menimbulkan pengendalian yang sempurna pada aliran prana dalam tubuh. Pranayama menggunakan pernafasan untuk mempengaruhi aliran prana dalam nadi(saluran prana) dari pranayama kosa (kompulan kekuatan hidup). Ini membersihkan nadi dan menyebabkan keseimbangan fisik dan mental. Latihan kumbhaka (penahanan nafas) menimbulkan pengendalian prana dan akhirnya menguasai pikiran.
Bandha berarti menahan atau mengencangkan. Berbagai bagian tubuh adalah lembut tetapi dikontraksikan dan di kencangkan dengan sangat kuat. Ini memiliki efek pemijatan berbagai organ, menghilangkan darah yang membeku, merangsang dan mengatur syaraf-syaraf yang berhubungan dengan organ- organ ini. Latihan ini memperbaiki fungsi dan kesehatan tubuh. Para pelaku tingkat tinggi  dapat merasakan pengencangan dari sumsumna nadi, yang merupakan suatu tanda yang pasti sehingga kekuatan bathin menjadi jelas. Orang-orang yang telah mencapai keadaan meditasi yang tinggi akan tahu bahwa ini adalah pengalaman yang sama yang dirasakan ketika cakra hampir terbuka dan nampak atau memperlihatkan dirinya.
Mudra dikatakan lebih ampuh dan lebih penting daripada asana dan pranayama, karena mudra membantu membangkitkan daya ular terpendam pada manusia yaitu kundalini sakti. Suatu mudra dapat dijelaskan karena satu posisi atau sikap tertentu yang mewakili jiwa. Mudra berarti suatu gerak simbolis dari kedua tangan, yang menimbulkan suasana hati atau emosi tertentu dalam hati. Mudra membiarkan pelakunya untuk mengembangkan kesadaran tentang arus kekuatan fital(prana) dalam badan halus dan akhirnya memperoleh pengendalian yang sadar pada kekuatan-kekuatan ini.  Ini memungkinkannya untuk sewaktu-waktu mengatur kekuatan-kekuatan tersebut pada bagian tubuh (untuk tujuan penyembuhan diri sendiri) atau di luar tubuh (untuk penyembuhan prana atau penyembuhan psikis orang lain). Banyak mudra disusun dari bandha, asana, dan pranayam berbeda yang dikumpulkan untuk membentuk satu latihan. Ini membuat penggabungan yang sangat kuat, karena tiap unsur pokok memiliki manfaat – manfaat yang nyata dalam porsinya sendiri. Mudra mempersiapkan pikiran untuk meditasi dengan mendorong penarikan pikiran sehat dari hubungan dengan benda-benda luar (pratyahara) dan dengan membuat pikiran tsjsm (ekagrata).

Read more: Swami satyananda Saraswati. 2002. Asana Pranayama Mudra Bandha. Surabaya: Paramita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yang Paling Sering dikunjungi