PASTIKAN ANDA TERGABUNG DALAM YOGA RUTIN YANG DISELENGGARAKAN OLEH UKM YOGA SETIAP HARI MINGGU DI KAMPUS STAHN GPM JAM 07.00 SUDAH MULAI.

Jumat, 14 Maret 2014

TIGA TANGGA BHAKTI YOGA

By: Ni Wayan Sri Suka Deni
1.     BHAKTI YOGA SEBAGAI AKTIFITAS RAGA
Pada tahap ini adalah bhakti yoga yang dilakukan oleh sebagian besar manusia yakni bhakti yoga yang hanya sebatas sebagai aktifitas badan.
Dalam bhakti yoga, ada bhakta yang gagal dan ada bhakta yang berhasil. Banyak orang melakukan aktifitas bhakti: rajin sembahyang, mengadakan berbagai macam upakara dll. Tapi ternyata dalam banyak kasus, hal itu tidak begitu banyak membantu bagi kemajuan kesadarannya sendiri.kenyataannya orang yang tekun bersembahyang, rajin mebanten dan melakukan upakara, tapi di dalam kehidupan sehari-hari juga sering mengumbar SAD RIPU.Mengapa hal ini bisa terjadi? Karena kita datang ke sanggah, ke merajan dan ke pure, melaksanakan bhakti yogahanya dengan Raga saja. Oleh karena itu tinggalkan segera bhakti yoga yang hanya sebatas sebagai aktifitas raga.
2.     BHAKTI YOGA SEBAGAI AKTIFITAS JIWA
Bhakti yoga sebagai aktifitas jiwa melingkupi dua aspek yakni:
1.     Bhatin yang terbebas dari dualitas
Inti ajaran rwa bhinneda adalah pikiran yang berhenti melakukan pembedaan-pembedaan dan perbandingan-perbandingan.
Pergerakan bhatin menuju kebebasan dari dualitas terjadi ketika kita belajar mendidik diri menerima apapun dan siapapun sebagaimana adanya tanpa membandingkan, tanpa menyalahkan apa dan siapa-siapa, termasuk membandingkan atau menyalahkan diri sendiri. Itulah titik balik menujubhakti yoga sebagai penyembuhan bhatin.
2.     Menjadikan seluruh hidup kita sebagai bhakti
Sebagai aktifitas jiwa tidak hanya bentuk-bentuk luar seperti rajin sembahyang agni hotra, besarnya mebanten upakara, dll yang di hitung. Tapi apa yang ada di dalam yang kita persembahkan sebagai bhakti seperti kesabaran, ketulusan, welas asih dan kebaikan kita kepada mahluk lain.
3.     BHAKTI YOGA SEBAGAI JALAN RAHASIA
Ini adalah jalan rahasia. Orang yang menjalankan ini biasanya praktisi tantra, para maha yogi dan para pandita.
Di bali ini di sebutsesarining dharma. Ini adalah spiritual tingkat tinggi yang kita warisi sampai saat ini. Dalam “sesarining dharma”, bukan bahagia bertentangan dengan sedih, bukan suci yang bertentangan dengan gelap, melainkan semua kondisi di rangkul dalam harmoni sempurna.

Read more: rumah dharma-Hindu Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yang Paling Sering dikunjungi