PASTIKAN ANDA TERGABUNG DALAM YOGA RUTIN YANG DISELENGGARAKAN OLEH UKM YOGA SETIAP HARI MINGGU DI KAMPUS STAHN GPM JAM 07.00 SUDAH MULAI.

Kamis, 19 Juni 2014

DHARMA BHAKTI DI PURA SARASWATI

UKM Yoga STAHN Gde Pudja Mataram sebagai salah satu organisasi intra kampus selalu ingin menunjukkan eksistensi baik untuk kampus maupun masyarakat luar. Eksistensi ditunjukkan melalui kegiatan berbasis Yoga ataupun kegiatan lainnya yang tidak terlepas dari Background lembaga keagamaan. Dan salah satu kegiatan yang telah dilaksanakan baru-baru ini adalah Dharma Bhakti.
            Dharma Bhakti yang merupakan istilah hindu untuk aktivitas
“gotong-royong” dilaksanakan di Pura Saraswati yang terletak di areal kampus STAHN Gde Pudja Mataram. Kegiatan ini dilaksanakan pada 

Minggu Kliwon tanggal 10 Mei 2014. Dharma Bhakti ini dilaksanakan sebagai realisasi Visi UKM, yaitu Pusat Pengembangan Diri dalam Bidang Yoga yang Religius, Humanis, dan Progresif. Dan dari visi itu, melalui kegiatan ini lebih ditonjolkan aspek religiusnya berhubung kegiatan dilaksanakan di Pura.

            Kegiatan Dharma Bhakti memang seolah-olah sudah menjadi tradisi tahunan di UKM Yoga STAHN Gde Pudja Mataram, bagaimana tidak, setahun yang lalu juga diadakan Dharma Bhakti di Pura Muter Karang Medain, dan dua tahun yang lalu juga diadakan di pura Saraswati. Akan tetapi sesugguhnya ini bukanlah tradisi, melainkan realisasi program kerja di setiap periode kepengurusan. Terlepas dari istilah tradisi atau bukan, yang pasti kegiatan seperti ini sangatlah positif dan perlu diadakan secara berkelanjutan.
            Dharma Bhakti kali ini dilaksanakan sebagai rentetan acara HUT UKM Yoga yang jatuh setiap tanggal 21 Mei, dan kali ini merupakan HUT yang ke-VIII. Akan tetapi, karena tanggal 21 Mei bertepatan dengan Hari Raya Galungan, maka panitia pelaksana sepakat merayakan puncak HUT UKM Yoga STAHN Gde Pudja Mataram yang ke-VIII pada tanggal 7 Juni 2014. Dengan terlaksananya acara Dharma Bhakti ini sudah menunjukkan ada antusias dari para awak UKM untuk merayakan hari jadi UKM dibawah binaan bapak Joko Prayitno ini.
            Dasar pemikiran lain terselenggaranya kegiatan ini adalah menjelang dirayakan Galungan. Sehingga dipandang perlu untuk membersihkan kawasan pura sebagai tempat suci Hindu dimana umat melakukan persembahyangan. Karena ada kata bijak yang menyatakan bahwa “Tuhan akan mau turun di tempat yang bersih”. Acara Dharma Bhakti ini tidak hanya dilakukan dengan acara bersih-bersih saja, akan tetapi dirangkaikan dengan penanaman bunga dan persembahyangan bersama.
            Itulah deskripsi singkat dari kegiatan Dharma Bhakti yang diadakan oleh UKM Yoga STAHN Gde Pudja Mataram, semoga dengan gambaran ini para pembaca dapat melihat bagaimana antusiasme mahasiswa yang tergabung dalam UKM Yoga khususnya, dan mahasiswa STAHN Gde Pudja Mataram pada umumnya. DHARMA YOGA!
Reported By:

Rudi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yang Paling Sering dikunjungi