PASTIKAN ANDA TERGABUNG DALAM YOGA RUTIN YANG DISELENGGARAKAN OLEH UKM YOGA SETIAP HARI MINGGU DI KAMPUS STAHN GPM JAM 07.00 SUDAH MULAI.

Kamis, 19 Juni 2014

DONOR DARAH WUJUD KEPEDULIAN TERHADAP SESAMA

Demikianlah tema yang diusung oleh Panitia Pelaksana Donor Darah UKM Yoga STAHN Gde Pudja Mataram. Dengan tema  ini panitia berharap kepedulian terhadap sesama bisa terus membudaya di semua kalangan terlebih bagi insan akademisi, sebagaimana budaya ini sudah ada semenjak nenek moyang kita ada. Kepedulian terhadap sesama tidak hanya dilakukan dalam bentuk materi, namun dengan darah juga sangat mulia.
            Kegiatan Donor darah yang diadakan pada tanggal 3 Juni 2014 ini dilaksanakan sebagai salah satu rangkaian kegiatan HUT UKM Yoga yang ke-VIII, sehingga dapat mewujudkan visi UKM yaitu dalam hal humanisme (kepedulian terhadap sesama manusia). Kegiatan ini terlaksana atas dukungan dan kerja sama dari UDD PMI Kab. Lombok Barat. Kegiatan yang di pandu oleh Wayan Sri Suka Deni ini dilaksanakan pada hari kuliah dengan harapan seluruh civitas akademika dapat turut berperan serta dan menyukseskan acara tersebut.
            Untuk menyukseskan acara, panitia tidak hanya mengundang civitas akademika STAHN Gde Pudja Mataram, tetapi juga bersurat kepada banjar Karang Medain tempat dimana STAHN berdiri, PD KMHDI NTB, PC KMHDI Mataram, Fokush Mataram, KMHD UNRAM, dan KMHD STIKES. Usaha ini digencarkan panitia agar target memproleh minimal 30 kantong dapat terpenuhi. Untuk tempat pelaksanaan, panitia bersurat kepada lembaga STAHN dan akhirnya diperbolehkan memakai wantilan jaba sisi pura Saraswati sebagai tempatnya.
            H-1 kegiatan wantilan yang berukuran ± 4 X 8 m dengan ruang terbuka ini disulap oleh panitia dengan ditutup dengan spanduk-spanduk serta papan-papan untuk kenyamanan kegiatan pada hari H. Alhasil, wantilan itu berubah bagaikan asram ketika masuk dari candi bentar. Bagaimana tidak, di candi bentar sudah terpasang spanduk besar dengan tulisan “Om swastyastu”, dan kemudian di depan wantilan terpasang vinil bertuliskan tema kegiatan. Intinya tempat kegiatan simple tetapi ilegan.
            Kegiatan Donor Darah kali ini dilangsungkan dengan sederhana tanpa diawali ceremony seperti laporan ketua panitia ataupun sambutan, tanpa bermaksud mengurangi makna yang tersirat. Kegiatan ini dimulai pukul 09.00 Wita sampai pukul 12.30 Wita, yang terlaksana dengan bantuan 7 tenaga dari PMI. Panitia Pelaksana tidak menyiapkan terlalu banyak konsumsi untuk para pendonor karena sebagian sudah disiapkan oleh PMI. Sehingga banyak pihak yang menyebutkan bahwa kegiatan Donor Darah merupakan kegiatan simple penuh sarat makna.
            Kekhawatiran sempat menghantui para panitia, apakah akan ada pendonor ataukah tidak. Hal ini dikarenakan akan memberi kesan pada PMI yang membantu kegiatan, andai saja target tidak terpenuhi maka PMI akan mengecap panitia kurang publikasi dan target 30 kantong bukanlah sedikit. Namun semua terbayar, ketika enam tandu PMI sudah siap para pendonor berdatangan hingga memenuhi wantilan jaba sisi. Sebuah pemandangan yang menyenangkan dapat disaksikan, semua kerja keras panitia akhirnya terbayar dengan hasil yang didapat. Dalam Donor Darah kali ini tercatat ada 64 pendonor dan 18 yang ditolak sehingga keseluruhan ada 82 orang yang siap untuk mendonorkan darahnya.
            Hal lain yang juga membahagiakan adalah adanya dukungan dari lembaga, hal ini terlihat dari banyaknya dosen yang turut serta mendonorkan darahnya tidak terkecuali orang nomor satu di STAHN Gde Pudja Mataram, yakni Ibu Ketua. Dengan senang hati beliau mengajak jajarannya ke wantilan jaba sisi dan turut mendonorkan darah. Teman-teman dari KMHDI, KMHD UNRAM, KMHD STIKES juga pada berdatangan. Mereka semua rela menunggu ditengah antrean walaupun baru pulang kuliah. Semua ini mencerminkan bagaimana bermaknanya kegiatan sederhana yang mewarnai HUT ke-VIII UKM Yoga STAHN Gde Pudja Mataram ini, dan semoga kegiatan semacam ini akan terus mentradisi serta UKM Yoga semakin menunjukkan jati diri sesuai visinya sebagai “Pusat Pengembangan Diri dalam Bidang Yoga yang Religius, Humanis, dan Progresif”.
            Demikian gambaran singkat acara Donor Darah oleh UKM Yoga, semoga para pembaca memproleh informasi dan melihat bahwa para pemuda Hindu khususnya yang tergabung dalam UKM Yoga bisa melakukan sesuatu untuk arah yang lebih baik. DHARMA YOGA!
Reported By:
UKM Yoga’s Team

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yang Paling Sering dikunjungi