PASTIKAN ANDA TERGABUNG DALAM YOGA RUTIN YANG DISELENGGARAKAN OLEH UKM YOGA SETIAP HARI MINGGU DI KAMPUS STAHN GPM JAM 07.00 SUDAH MULAI.

Jumat, 13 Juni 2014

POSE YOGA: BERMANFAAT UNTUK SISTEM SIRKULASI DARAH

Hay Kawanku semua, masih ingat dengan artikel-artikel UKM Yoga??? Selalu ditunggu donk. Melalui blog ini saya diberikan peluang loh untuk belajar menulis, jadi buat teman yang lain tak tunggu ‘News’-nya ya!!! Gak bayar koq, itung-itung daripada bengong kan??? Ayo ekspresikan dirimu.
            Kali ini saya mau berbagi sedikit, coz saya juga tau sedikit, hehehe.... informasinya terkait pose yang baik untuk sistem sirkulasi. Mau tahu apa saja? Ini saya khusus persembahkan buat anda, anda, dan anda semua.. J SELAMAT MEMBACA!
Sirkulasi darah adalah salah satu elemen utama dalam tubuh. Darah mengangkut oksigen dan beragam substansi penting yang diperlukan ke seluruh penjuru. Secara normal seluruh penjuru tubuh manusia akan tersentuh oleh darah. Sistem sirkulasi ini memiliki semacam alat generator bernama jantung, ia bertugas memompa darah keluar dan masuk. Keluar membawa oksigen segar, masuk untuk kemudian dioper kembali ke paru-paru dan diisi oleh oksigen. Seluruh bentuk peredaran darah ini sangat menentukan kualitas hidup seorang manusia. Tidaklah berlebihan apabila dikatakan bahwa jantung yang sehat menjadi indikator mutlak tingkat kesehatan seseorang. (http://erykar.wordpress.com/2013/05/08/yoga-dan-sistem-tubuh-manusia/)
Asana (olah postur) yoga dapat membantu kesehatan sistem sirkulasi darah tersebut lewat berbagai macam cara. Pose back bend (penekukan tubuh ke belakang) misalnya Situbanda Sana ataupun Halasana dapat membuat jantung berada dalam kondisi teregang secara longitudinal, secara alamiah ia akan berada dalam situasi stimulatif yang bersifat sangat positif. Seperti mendapatkan rangsangan layaknya otot yang dipijat untuk mendapatkan aliran darah lebih banyak. Ahli bedah jantung dalam keadaan darurat, sering melakukan hal yang sama dengan memijat langsung untuk memancing reaksi dari jantung. Dalam yoga kita melakukannya secara alamiah dan dekat dengan keseharian.
Secara empiris tindakan ini juga mampu menghilangkan sumbatan saluran koroner. Bagi penderita darah rendah, gerakan ini mungkin akan menyulitkan, tetapi dengan mempergunakan alat bantu (seperti kursi), membuat back bend bisa menjadi fase yang nyaman untuk mereka.



Selain itu, sistem sirkulasi darah juga bisa distimulasi dengan mempergunakan rangsangan melalui upaya pembolak-balikkan posisi tubuh. Mempermainkan efek gravitasi, membuat darah memiliki efek dorong yang lebih aktif guna mencapai atau meninggalkan organ tubuh. Jantung teringankan kerjanya karena ia tidak perlu terlalu keras memompa darah agar ‘kembali’ , beberapa bagian organ tubuh yang jauh dari posisi gravitasi seperti otak, tiroid, mata dan organ mulut misalnya akan mendapatkan darah segar penuh oksigen lebih banyak dari biasanya.
Kesehatan saluran darah yang juga menentukan sistem sirkulasi pun bisa terbantu dengan stimulasi semacam ini, untuk menambah daya ‘dorong’ dari darah dalam menjebol sumbatan akibat tumpukan lemak yang berlebihan. Jika dianalogikan, sama seperti orang naik pohon, ketika naik sangat sulit, tetapi pada saat turun akan sangat gampang, begitulah pula dengan daya dorong dari darah.
Bagaimana setelah membaca?
Anda sudah tahu sebelumnya? Maaf, saya hanya sekedar sharing.
atau
Anda Baru Tahu??? Syukurlah, saya gak sia-sia.. hehehe
Intinya, terimasih sudah membaca. Mau tahu manfaat pose yang lain? ditunggu ya!!! DHARMA YOGA..............
                                                                                    Posted by: W’R

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yang Paling Sering dikunjungi